Kas Keluar

Kas keluar disediakan untuk dapat melakukan mutasi transaksi terhadap pencatatan pengeluaran kas baik berupa kas besar, teller dll yang digunakan diluar transaksi tabungan, deposito, kredit.

Dan setelah selesai melakukan mutasi, anda wajib melakukan validasi data setelah isian seluruhnya diisi untuk membuat jurnal transaksi otomatis yang terkait dengan pembukuan.

*) Catatan.
Sebaiknya setiap kwitansi dimutasikan satu persatu, jangan digabung. Ini akan memudahkan anda dalam pencarian keterangan dalam buku besar.

Adapun hal - hal yang terkait dengan form ini diberikan sebagai berikut :

  • Type, diisi atau dipilih dengan "BUKTI KAS KELUAR"
  • Account (K), diisi dengan account dari chart of account kas "kas besar, kas teller 1, kas teller 2 dll" (posisi kredit) dan cara penulisannya "11000" (tidak boleh ada spasi dan tanda (-) atau karakter spesial seperti 1 - 1000) atau anda dapat mengklik tombol panah di sebelahnya untuk dapat memilih account - account yang telah disediakan.
  • Dibayarkan kepada, diisi dengan si penerima kas tersebut "untuk siapa" seperti nama karyawan atau anda dapat mengklik tombol folder di sebelah kanan dari isian tersebut untuk memilih daftar nama - nama dari data karyawan anda.
  • No, otomatis by system sebagai bukti dari setiap kas masuk dan diisi secara otomatis oleh sistem seperti "CD000523". CD adalah kode singkatan dari "Cash Disbursement".
  • Tanggal, diambil secara otomatis dari komputer anda. Sebelum anda memulai aplikasi kas keluar ini, anda wajib melihat tanggal komputer anda terlebih dahulu, yaitu dengan cara menaruh posisi cursor dari mouse di atas jam yang tersedia pada pojok kanan bawah komputer anda. Pastikan bahwa tanggal sesuai dengan tanggal mutasi transaksi anda.
  • Keterangan, diisi dengan keterangan atau memo untuk pengeluaran kas tersebut, "Dibayar Biaya Premium dan Air" dll.
  • Jumlah diisi dengan seluruh nominal kas keluar yang anda bayarkan dari kwitansi yang anda masukkan datanya.
  • Detail Debet, diisi dengan account dari chart of account sebagai posisi kredit dan ini adalah lawan dari kas, seperti giro, pendapatan dll. Cara penulisannya "56210" (tidak boleh ada spasi dan tanda (-) atau karakter spesial seperti 5-6210) atau anda dapat mengklik tombol panah di sebelahnya untuk dapat memilih account - account yang telah disediakan.
  • Pengesahan, diisi dengan pejabat yang berwenang seperti kasir, admin, pembukuan dll sebagai pengesahan dari setiap transaksi.
  • NEW, setelah anda melakukan mutasi dan apabila seluruh data telah benar, anda dapat menglik tombol ini untuk menyimpan dan anda dapat secara otomatis melakukan transaksi baru.
  • Preview, Tombol ini berfungsi untuk mencetak hasil dari kas masuk yang anda mutasikan. Cetak terlebih dahulu sebelum anda Close atau menglik tombol NEW.