Verifikasi Data Elektronik

Verifikasi Data secara elektronik dalam sistem BSS memiliki 3 level class untuk keabsahan atau kebenaran data inputan transaksi seperti halnya dalam hak akses admin yang dapat dicustomize sendiri sesuai dengan pengaturan wewenangnya.

Seluruh verifikasi data ini semuanya dapat di customize sendiri sesuai dengan kebijakan yang diberlakukan oleh pengguna seperti halnya untuk :
  • Teller, sebagai admin yang melakukan inputan data transaksi.
  • Otorisator, yang berweang sebagai otorisasi data.
  • Maupun Counter Sign sebagai kewenangan tertinggi dalam keabsahan dan kebenaran data transaksi.
Dengan adanya verifikasi tersebut, diharapkan agar semua data transaksi telah melalui prosedu yang benar dan dapat dipertangungjawabkan.

Dalam pengembangannya, verifikasi ini juga sangat penting dilakukan atas data-data kolektor karena pada saat ini kebanyakan data diinput melalui aplikasi Data Collector Mobile System sehingga seluruh rekap mutasi dapat dikontrol kembali oleh petugas yang berwenang sebagai otorisator dan counter sign.
Hal ini dapat dilakukan dengan verifikasi antara buku tabungan dengan rekap mutasi yang telah terecord pada sistem.
Adanya sistem verifikasi data secara elektronik yang dikembangkan ini sebagai kontrol tambahan dari verifikasi manual yang telah dilakukan seperti : validasi voucher, pengesahan setiap report dll.
***