Trust, Service & Development | Banking Smart System®

SID SQL Transmitter

SID SQL Transmitter merupakan aplikasi interface yang mempermudah dalam hal pengiriman atau Export dan Import data - data yang terkait dengan aplikasi SID SQL 6 dari Bank Indonesia dan seluruh data yang diperlukan dan yang dihasilkan dikontrol dan diperiksa kembali serta sepenuhnya adalah tanggung jawab Bank sebagai pengguna aplikasi ini dan diluar tanggung jawab dari Banking Smart System.

*) Notification :
  • DOWNLOAD Versi Terbaru SID SQL Transmitter SIDMx Version.
  • Sebelum anda menggunakan SID SQL Transmitter ini, anda wajib menguasai panduan SID BPR 6 dan ketentuan - ketentuan yang diberlakukan oleh Bank Indonesia atas penerapan aplikasi SID BPR 6 ini terlebih dahulu.
  • Untuk penggunaan baru, setting terlebih dahulu Sandi Pelunasan Debitur anda. 
  • Persiapan dan kelengkapan data awal dalam penggunaan SID BPR dapat anda edit atau sesuaikan pada menu Edit Debitur pada aplikasi ini.
  • Jika ada perubahan tentang aplikasi SID SQL Transmitter dan aplikasi lainnya, Banking Smart System akan menuliskannya pada halaman ini.

Adapun langkah - langkah penggunaan dari aplikasi SID SQL Transmitter ini dapat diberikan sebagai berikut :
  1. Backup Data. Sebelum anda menggunakan aplikasi ini, anda wajib melakukan backup data pada SID BPR 6 terlebih dahulu untuk dapat mengembalikan data apabila terjadi kesalahan maupun terhindar dari hal -  hal yang tidak diinginkan sehingga anda dapat melakukan restore dari backup data tersebut kembali untuk dapat mengembalikan data - data anda seperti semula. Hal ini juga wajib anda lakukan setelah selesai pengiriman laporan.
  2. Export Text File. Sebelum melanjutkannya, export terlebih dahulu data anda pada SID BPR 6 yang disesuaikan dengan tanggal bulan laporan dan menyimpannya atau save in pada direktori / folder : C:\Bank\SID\Form03B\Exim\SidData.txt. Data ini diperlukan SID SQL Transmitter sebagai referensi dalam hal update dan create data atas rekening - rekening nominatif kredit.
  3. Penyesuaian Tanggal. Adapun tanggal - tanggal yang anda sesuaikan baik pada tanggal di komputer maupun tanggal pada SID SQL Transmitter pada saat anda melakukan export import diberikan sebagai berikut :
  • Tanggal Laporan. Tanggal ini tidak dapat dirubah dan otomatis diambil dari tanggal file pada SidData.txt yang telah anda export sebelumnya pada direktori : C:\Bank\SID\Form03B\Exim.
  • Export Permintaan DIN (pembentukan DIN.txt). Tanggal hari ini pada SID SQL Transmitter dan tanggal pada komputer anda disesuaikan dengan tanggal sekarang (hari ini).
  • Export Pengiriman Laporan SID (pembentukan SIDMx.txt). Sebelumnya tanggal pada komputer anda disesuikan atau disamakan dengan tanggal laporan (tanggal terakhir dari bulan laporan), sedangkan tanggal hari ini pada SID SQL Transmitter diisi dengan tanggal sekarang (hari ini).
  • Import file SIDMx.txt pada SID BPR 6. Pada saat anda melakukan import file SIDMx.txt (pada direktori : C:\Bank\SID\Form03b) yang telah anda bentuk sebelumnya melalui SID SQL Transmitter, tanggal komputer anda tetap disesuaikan dengan tanggal akhir dari bulan laporan.
  • Update Date SID BPR. Sebelum anda melakukan update ini, tanggal pada komputer anda disesuaikan dengan tanggal sekarang (tanggal hari ini). Update tanggal ini anda gunakan setelah validasi pada SID BPR 6 berhasil. Anda wajib melakukan update date ini untuk menyesuaikan tanggal update date pada SID SQL 6 sebelum pembentukan file kirim.
*) Spesifikasi Komputer yang digunakan.
Disesuaikan dengan ketentuan spesifikasi komputer yang diperlukan oleh Bank Indonesia dalam hal penerapan SID 6.
      Ketentuan - Ketentuan SID BPR Bank Indonesia
      - Form 03C Kredit Yang Diberikan
      - Form 04A Agunan
      - Form 04B Penjamin 
      - Struktur Export - Import SID 6
      - Standarisasi & Ketentuan Penulisan SID BPR
      Daftar Referensi
      Ref Bank

      Draft surat - surat permohonan terkait :
      Reset password SID
      Koreksi laporan debitur