Bisnis & Accessories System

REVIEW & UPDATING HOLDING FINANCIAL SYSTEM
BSS Digital Data | Helpdesk SLIK | Banking & Technology | A Better Future
Algoritma & Flowchart System | Konsolidasi Cabang | PBI & SE OJK | For Beginner
Mutasi Data
Memorial
Nominatif
Jurnal
Buku Besar
Neraca
Laba Rugi
Run on Standard Computer & Device with Graphical User Interface For a Better Future

Trust, Service & Development | Banking Smart System®

Tunggakan Bunga

Tunggakan Bunga merupakan kekurangan dari angsuran bunga kredit debitur dan juga adalah komponen atau variable yang dipergunakan dalam perhitungan kolektibilitas kredit.

Tunggakan bunga ini akan ditampilkan pada nominatif kredit, daftar angsuran dan juga pada aplikasi pembayaran debitur.

Perhitungan tunggakan bunga ini secara otomatis diperhitungkan oleh sistem dan pada dasarnya merupakan hal prinsip yang harus diketahui oleh admin dan bagian kredit yang terkait sehingga dapat memudahkan kontrol atas kekurangan angsuran bunga kredit ini terhadap kartu angsuran debitur.

Dalam perhitungan - perhitungan tunggakan bunga ini, faktor posisi tanggal pembayaran debitur (up bunga) dan titipan nasabah sangat berpengaruh dalam perhitungannya sehingga untuk mempermudah mengontrol kembali, berikut dijabarkan dua (2) hal prinsip yang mempengaruhi tunggakan bunga ini yaitu :
  1. Tanggal Valuta / Up Bunga, merupakan tanggal posisi terakhir angsuran debitur, tanggal ini akan digunakan sistem dalam perhitungan selisih periode bulan tunggakan.
  2. Titipan debitur,  merupakan jumlah kelebihan atas pembayaran bunga yang dijadikan faktor pengurang atas tunggakan angsuran bunga.
Kedua hal pokok tersebut diatas diupdate secara otomatis oleh sistem pada saat pembayaran debitur dan sepenuhnya dikontrol kembali oleh adm kredit.

Secara sederhana perhitungan tunggakan bunga dapat diberikan sebagai berikut :
(Frekuensi Tunggakan Bunga x jumlah bunga perbulan) - jumlah titipan bunga.
***
Dimana Frekuensi Tunggakan Bunga = selisih periode bulan antara tanggal laporan dengan tanggal valuta up bunga pembayaran debitur terakhir.