Cara Kerja Database

Bagaimana membuat cara kerja database yang efektif dan mudah untuk digunakan walaupun database itu besar adanya.
Pertanyaan umum, ketika anda sedang memilih sebuah database mana yang cocok untuk aplikasi sistem yang akan digunakan pada bisnis anda.
Secara umum juga dapat kami sampaikan bahwa database merupakan kumpulan dari tabel-tabel yang berisi data informasi.
Dan penyimpanan data secara elektronik kedalam tabel tersebut biasanya disesuaikan dengan kolom-kolom (atau field) yang ada pada tabel-tabel database yang nantinya akan digunakan oleh aplikasi system terkait dengan aktifitas management dan keuangan bisnis anda.
Seperti yang kita ketahui bersama, database juga merupakan kumpulan dari informasi - informasi yang sangat penting sehingga kemudahan dan kecepatan mengakses serta keamanan data juga perlu diperhatikan.
Seperti halnya databank pada server yang berisi jutaan atau ratusan juta baris data, sehingga relasi data untuk mempercepat mengakses datapun perlu dilakukan dengan seksama.
Perlu diketahui bahwa dalam pembuatan database juga memerlukan skema-skema untuk memudahkannya seperti :
  • User dengan Aplikasi yang akan dibuat.
    • Bagaimana algoritma dari sistem database yang akan dibuat berkaitan dengan user sebagai pengguna dan aplikasi yang akan dibuat.
  • Analyst System To Programmer.
    • Bagaimana alur data atau flowchart yang akan dibuat oleh seorang analyst system kepada programmer database tersebut.
Sehingga aplikasi database dibuat sebenarnya untuk memudahkan user dalam menggunakannya dan bagaimana seorang analyst system untuk merancang alur datanya untuk dibuatkan oleh seorang programmer.

Dan berkaitan dengan kecepatan akses database, kami kira bahwa :
Apapun database yang digunakan, itu baik adanya sepanjang relasi data untuk dapat menghubungkannya sesuai dengan algoritma dan alur data yang mudah untuk direlasikan agar nantinya dapat memiliki azas manfaat dan dapat menunjang kecepatan aktifitas bisnis  & pertumbuhan investasi anda. 
***