Overview & User Manual

Pedagang

Pedagang adalah perseorangan atau usaha yang mendapatkan keuntungan dari net margin dari hasil penjualan pertanian, industri, komoditi dan lainnya.

Dan perdagangan besar dan eceran adalah kelompok yang mencakup usaha:
  • Penjualan mobil, sepeda motor dan penjualan eceran bahan bakar kendaraan termasuk penjualan suku cadang dan aksesoris.
  • Perdagangan besar dan eceran dalam negeri termasuk ekspor dan impor, seperti hasil pertanian, binatang hidup, makanan, minuman, tembakau,tekstil dan pakaian jadi serta barang-barang keperluan rumah tangga.
Dalam sektor ekonomi, perantara keuangan juga adalah usaha pegadaian, pasar modal, usaha jasa keuangan lainnya seperti penukaran mata uang asing, dan simpan/pinjam serta asuransi seperti asuransi jiwa, pelayanan, kecelakaan, kesehatan, barang/benda hak milik, dan surat berharga, termasuk juga jasa asuransi, agen asuransi, konsultan asuransi, dan dana pensiun.

Terkait kas dalam valuta asing,
  • Jenis Valas yaitu jenis mata uang asing yang diperdagangkan pada usaha pedagang valuta asing dalam bentuk mata uang kertas asing, uang logam asing dan travellers cheque yang masih berlaku.
  • Nominal yaitu nilai original valuta asing (sebelum dirupiahkan) yang dimiliki dalam satuan penuh pada tanggal laporan.