Pedagang

Pedagang adalah perseorangan atau usaha yang mendapatkan keuntungan dari net margin dari hasil penjualan pertanian, industri, komoditi dan lainnya.

Dan perdagangan besar dan eceran adalah kelompok yang mencakup usaha:
  • Penjualan mobil, sepeda motor dan penjualan eceran bahan bakar kendaraan termasuk penjualan suku cadang dan aksesoris.
  • Perdagangan besar dan eceran dalam negeri termasuk ekspor dan impor, seperti hasil pertanian, binatang hidup, makanan, minuman, tembakau,tekstil dan pakaian jadi serta barang-barang keperluan rumah tangga.
Dalam sektor ekonomi, perantara keuangan juga adalah usaha pegadaian, pasar modal, usaha jasa keuangan lainnya seperti penukaran mata uang asing, dan simpan/pinjam serta asuransi seperti asuransi jiwa, pelayanan, kecelakaan, kesehatan, barang/benda hak milik, dan surat berharga, termasuk juga jasa asuransi, agen asuransi, konsultan asuransi, dan dana pensiun.

Terkait kas dalam valuta asing,
  • Jenis Valas yaitu jenis mata uang asing yang diperdagangkan pada usaha pedagang valuta asing dalam bentuk mata uang kertas asing, uang logam asing dan travellers cheque yang masih berlaku.
  • Nominal yaitu nilai original valuta asing (sebelum dirupiahkan) yang dimiliki dalam satuan penuh pada tanggal laporan.